Rabu, 20 Januari 2016

Tips... DIY Membersihkan Nozel Injector Mitsubishi KUDA 2.0 MPI dengan biaya sangat murah.


Setelah melewati 100.000km sudah saatnya mengecek dan membersihkan 
Nozel Injector di mobil Mits. KUDA 2.0 MPI.

Gejala yang timbul / terasa bila Nozel Injector kotor adalah:
- Putaran Mesin / langsam tidak rata dan mesin agak bergetar
- Konsumsi BBM lebih boros dari biasanya.
- Akselerasi berkurang agak nahan saat di gas, kurang responsif
- Muncul gejala tersendat pada rpm tertentu
- Kadang ada "nglitik"... saat akselerasi

Sekedar info, ternyata tiap nozel injector berbeda model semburannya 
sesuai bentuk / model ujungnya. 
Untuk Mitsubishi Kuda Bensin 2.0 MPI ternyata hasil semburan bensinnya bercabang dua
contoh pada foto di bawah ini:


Nozel Injector pada Mitsubishi Kuda 2.0 MPI

Peralatan yang dibutuhkan yaitu:
        - 4 pcs ATAS  dan 4 pcs Bawah, karet untuk Seal injector KUDA MPI (lihat foto)
          - Senter kepala, supaya kerja terang
          - 1 kaleng Carburator Cleaner
          - TrootleBody Cleaner
          - Bensin secukupnya
          - Tissue dan lap bersih
          - 1 set Kunci sok / tracet
          - Kunci Inggris
          - Obeng - dan obeng +
4 Seal atas  dan 4 Seal bawah, 
untuk injector Mitsubishi Kuda MPI
Barang ASLI, jangan yang KW



Rekayasa Pentil Tubeless, peralatan yang dibutuhkan:
          - Pentil Ban Mobil Tubeless 1 buah, komplit tutupnya
          - Kabel kira-kira 1,5 meter
          - Baterai 9volt (yang kotak)
          - Kawat kecil untuk melubangi, atau bisa juga pakai bor kecil 1mm
          - Baterai kecil 9 volt. Bisa juga pakai Accu Motor yang 12volt
          - Kabel kecil Merah dan Hitam 
          - Clip penjepit 
          - Seal / selotip putih  (yg untuk drat keran air)
          - Lem UHU atau lem plastik
          - Solder dan timah solder
          - Gunting / Cutter

Cara merekayasa pentil Tubeless: 
Cabut isi pentil (tinggal selongsong dan tutupnya yang dipakai)

Panasi kawat di kompor, atau pakai korek api gas

Lubangi tutup pentil pas di tengah, 
lubangi kecillll... saja supaya 
pipa kecil SEMPROTAN Carburator Cleaner bisa masuk dengan "pas"

Pasang pipa kecil tersebut ke lubang yang tadi. 

lalu di seal lagi pakai lem plastik 
dan tutup rapat sampai tidak ada celah (lihat foto di atas)

Pasang Seal tape putih sebagai 'penyekat' supaya tidak bocor, tambahkan lem bila perlu
Buatlah 2 pcs supaya untuk cadangan bila rusak.
PENTIL REKAYASA SUDAH SIAP DIGUNAKAN


Cara membuat Rangkaian Kabel ON-OFF:

Buat Rangkaian kabel sesuai skema di bawah ini :
Pasang klip kabel, pakai solder supaya maksimal hasilnya.
Solder tiap sambungan kabel supaya hasilnya MAKSIMAL

Sipp...  Rangkaian kabel SIAP UNTUK DIGUNAKAN....


Cara melepas Nozel Injector Kuda 2.0 MPi:

Pertama-tama cabut kutub negatif Accu, supaya bekerja aman, 
karena pada saat pengerjaan juga mencabut sensor-sensor di mesin dan Trootle Body.

Kendorkan Clamp selang-selang (belalai), lepaskan perlahan dan hati-hati 
agar selang karet tidak rusak / tidak sobek. 
Lepaskan pula kabel Gas dan kabel Kick Down (bila KUDA Matic)

 Lepaskan selang air yang melalui Trootle Body, 
hati-hati agar ke 4 baut tidak terjatuh ke dalam lubang intake.
Lepaskan Trootle Body, dengan melepas 4 baut pemegangnya. 
Tarik ke atas perlahan


 Lepaskan selang balik bensin di ujung depan
Lepaskan pula selang bensin di ujung belakang (input dari Tangki BBM)

 Lepaskan 2 baut pemegang Fuel Rail
Lalu angkat Fuel Rail ke atas

 Cabut Jack pada injector dengan perlahan, tarik keluar injector dengan tangan.

Cabut satu per satu injector, atau bila FuelRail di angkat, 
bisa langsung ke angkat ke 4 injectornya... hati-hati jatuh bisa berabe ngambilnya.


Pisahkan Fuel Rail dan ke empat Nozel Injector nya.
Baut-bautnya simpan yang rapi.

 Tutup lubang intake dengan lap bersih dan kering, untuk menghindari kotoran masuk

pisahkan part yang di lepas termasuk posisi baut dan mur. 
Supaya memudahkan saat instalasi kembali

Bersihkan bagian body luar Nozel Injector, gunakan bensin atau Carb Cleaner,
 hati-hati terhadap kutub conectornya jangan langsung terkena bensin.
(bagian Conector-nya cukup dibersihkan pakai lap saja)
Nozel Jangan sampai terjatuh (menghindari ujungnya rusak)

Bersihkan Fuel Rail dengan cara menyemprotkan dengan CarbCleaner. 
Biasanya banyak endapan atau kerak dari kotoran bensin

 Pisahkan Trootle Body d itempat yang aman, 
bersihkan bagian inlet dan "kupu-kupu" nya sekalian, sampai bersih.
 Cabut/ lepaskan semua Seal atas dan bawah pada injector. Simpan di tempat yang aman
Pasang kabel yang tadi di rekayasa dengan klip pada connector - dan +nya
Pemasangannya lihat di foto

Pasang Pentil yang sudah direkayasa, masukkan ke ujung atas NOZEL
Tekan yang kuat sampai masuk semua yang bagian metalnya.
Pastikan Pentil "menggigit" injector dengan kencang, tidak ada kebocoran

Pasang Baterai 9 Volt di konektor kabel,
Sebelum melakukan penyemprotan coba tekan tombol on-off, ada bunyi tik.. tik 
(bila di tekan, pertanda katup di dalam Nozel membuka)...

Cara melakukannya :
Tekan Switch ON-OFF secara bersamaan dengan menekan CarbCleaner
Jadi saat katub di dalam nozel TERBUKA... Cairan pembersih menekan kotoran dalam jeroan Nozel
Lakukan berulang-ulang... sampai semprotan terasa lancar tanpa hambatan 


LAKUKAN BERULANG-ULANG  UNTUK KE EMPAT NOZEL
Note: PERHATIAN sebaiknya KUTUB positif dan negatif ada di ATAS, sehingga 
saat penyemprotan berlangsung tidak ada resiko korslet / terbakar
bila ada cairan yang bocor 

 
Bila karet Seal sudah Getas / Kering... Ganti sekalian.

Gunakan parts ASLI Original. Harganya tidak seberapa mahal dibandingkan fungsinya. 

Injector siap untuk di pasang lagi
Trootle Body juga sudah bersih sampai jeroannya

Pasang kembali Trootle Body dan kawan-kawan

Bila sudah yakin bersih, install ulang sesuai urutan  bongkar
pastikan semua terpasang dengan benar..
pasang kembali Kutub + dan - di Accu 


Periksa lagi semua selang ... yaitu selang air, selang udara, dan semua konektor sensor.
Lakukan start awal.... JOZZZ coba deh tarikannya....!! jadi IRITT pulaa

WUZZZZZ....... HALUSSSS..... MANTAPPPPP !!!!!

5 komentar:

  1. halo om... bisa tau no.hpnya ga? sy mau tanya langsung?

    BalasHapus
  2. Masih nda berani ma piranti ini... Tetep gunakan jasa klo saya pribadi..masih takut om..

    BalasHapus
  3. Bang mau tanya donk ini hbs ganti busi dan kabel busi kok ga nyala ya... Knp ya... Grandia bensin mpi

    BalasHapus
  4. Ada yg jual gak ya butuh baget ni.

    BalasHapus