Kamis, 18 Juni 2015

TIPS... Ganti pompa bensin Mits. KUDA 2,0 MPi

Tips Ngoprek Mitsubishi KUDA, kembali Prima……
 
Ganti Pompa Bensin KUDA 2000cc MPI
Kebetulan pas di bengkel, ada yang lagi bongkar Tangki bensin… spontan aja foto-foto dokumentasi.
Lumayan ini Ilmu bisa share di sini….




Pertama, Siapkan peralatan yaitu:
- Sparepart pengganti yaitu POMPA BENSIN ELEKTRIC untuk Mits. KUDA 2000cc
- Dongkrak hidrolik
- Ganjal ban ( berupa balok kayu )
- Kardus buat tiduran di bawah mobil…
- Papan yang lurus (untuk menahan Tangki bensin , pada saat diturunkan)
- 2 buah Stand Jack (HARUS ada, Kerja Lebih aman)
- Kunci 17, Kunci 10, Kunci 8, Kunci Inggris
- Obeng ( - )
- Tang Jepit
- Wadah bekas oli yang bersih
- Ember / Jerican… untuk menampung bensin sementara
- Lampu SENTER kepala, untuk penerangan ketika di kolong mobil
- Beberapa lembar Koran bekas / Lap bersih
- Kuas

  Berikut ini Step by Step......

dongkrak mobil di bagian belakang.... Ganjal ban depan, tarik rem tangan supaya ngunci..... , pasang STAND JACK... WAJIB, supaya kerja AMAN. langsung deh tebar kardus buat ngolong.



Sebaiknya BBM bisa di kosongkan, atau lebih baik di bongkar saat BBM tidak begitu penuh..... Pasang selembar papan di dongkrak hidrolik. supaya tangki yang besar ini bisa turun dengan aman. buka baut pemegang Tangki BBM sekitar ada 4 buah. Di sekeliling tangki... simpan bautnya di wadah.



Dari sebelah ban belakang KIRI.... Buka Lembaran penutup (karet) yang ada di samping Kiri ban belakang ( dekat chassis ).... lalu tampak deh itu selang bensin, selang balik dan kabel dari pelampung bbm, lepaskan klem selang bensin, lepaskan soket pelampung bensin..

Setelah Tangki bisa turun, buka dari atas 5 baut delapan... lalu tarik perlahan ke atas

 Simpan mur dan baut-baut yang di lepas dalam SATU WADAH, supaya tidak berceceran.... ada baiknya tangki di bersihkan bagian luarnya.... dari debu dan tanah... hati-hati agar kotoran tidak masuk ke dalam.... lebih baik lagi kalo di kuras sekalian isi tangki.... mumpung lagi turun. tuang bensin ke dalam ember / Jerrycan... tunggu sampai kotoran mengendap.... nanti Yg bersih bisa dipakai lagi

 Unit pompa bensin ini terdiri dari beberapa selang, .. bila selang sudah getas sebaiknya ganti, ... periksa juga klem, bila berkarat ganti juga, periksa juga soket, jangan sampai kendor, jangan retak, jangan putus ....

Urai unit pompa bensin, ganti filter yang mirip teh celup...., lepaskan soket dan selang penghubung

periksa kabel-kabel nya, periksa plastik pemegang filter jangan sampai ada yang retak... 
bersihkan semua pakai kuas


Lepaskan kabel + dan - yang ada di pompa lama... lalu pasang pompa baru. 
Kutub positif dan negatif jangan terbalik.

Rakit pompa bensin BARU, .....Sebelum di pasang lagi, coba cek kinerja pompa baru... caranya : soket pompa di hubungkan , lalu suruh 1 orang starter mobilnya.... dari selang bensin bila bensin nyemprot dengan derassss... berarti sudah benar. Periksa sekali lagi... Periksa lagi.... Teliti lagi.... Teliti lagi... ( cek berkali kali , Jangan sampai kerja bongkar 2 kali)

Setelah yakin tidak ada yang terlewatkan,... Naikin lagi tangki nya... 
Prosedur seperti awal tadi waktu turunin tangki, pasang soket kelistrikannya, 
 pasang selang-selangnya.. Isi kembali bensin yang bersih... baru bisa start mesin..
Ganti juga Saringan bensin yang BARU supaya kerja pompa bensin baru menjadi lebih ringan.

 

4 komentar:

  1. mau tanya gan, kalo filter bensin nya sama dengan filter L300/kuda diesel nggak? makasih

    BalasHapus
  2. Masalah nya pompa baru tapi tidak bunyi api nya trputus problem nya dari mna

    BalasHapus
  3. Mau nanya bos, kenapa z punya kalau distater jalan bensin tapi kalau sudah bunyi tidak jalan bensin lagi???

    BalasHapus