Hal ini diperparah dengan penggunaan BBM dengan oktan yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrik. BBM jenis Premium yang lebih banyak menimbulkan kerak daripada Pertamax..
Gejala yang timbul akibat penumpukan kerak tersebut antara lain:"
- Ngelitik secara berlebihan, padahal pengapian sudah sesuai
- Tenaga berkurang, terutama pada saat mesin panas
- Bahan bakar boros berlebihan.
Belakangan banyak dipasarkan jenis Carbon cleaner di toko-toko otomotif... ada yang dari produk luar negeri maupun di dalam negeri.. Prosesnya pun beragam, ada yang di campur langsung ke tangki BBM ada juga yang di semprotkan ke lubang intake... ada juga yang langsung di semprotkan ke lubang busi.
Newbie tertarik dengan salah satu produk yaitu CARBONSPEED, yang di suntikkan langsung ke lubang busi, kemudian di sedot kembali sekaligus mengeluarkan sisa endapan dan kerak-keraknya..
Uniknya produk ini mengklaim cairan yang sama seperti yang dilakukan di bengkel-bengkel terkemuka... dan ... tidak terjadi asap putih berlebihan setelah proses berlangsung.
Langsung saja kita kerjakan untuk Mits. KUDA 2,0 MPI...
Peralatan yang perlu dipersiapkan yaitu:
- 4 hingga 6 pcs CARBONSPEED (Tiap kemasan terdiri dari 1(satu) suntikan dan selang plastik keras.)
Biasanya 1pcs untuk 1 silinder... tapi kadang perlu lebih banyak bila kerak terasa berlebihan
- Kunci busi ukuran 16
- 4 Busi Baru... (atau 4 busi lama bisa dibersihkan lagi)
- Sebotol Fuel Treatment (merknya bebas... ), untuk menyempurnakan seluruh pekerjaan ini
- Sikat kawat kecil untuk membersihkan busi
- Wadah plastik 2 pcs , untuk menampung hasil sedotan yang kotor
- Lap bersih 2 lembar
- Tissue bersih 1 pak
- Senter kecil (senter kepala) untuk penerangan
- Kunci 10
- Kunci 12
- Kunci 19 (untuk memutar baut Krukas)
- Obeng (-) ukuran sedang
- Obeng (+) ukuran sedang
- Kalau ada Kompresor angin untuk mengusir sisa cairan yang tertinggal
BERIKUT INI STEP BY STEP :
Siapkan 4-6 buah CARBON SPEED, wadah bersih, bisa bekas kaleng atau wadah plastik.... keluarkan isi CARBONSPEED yaitu cairan dalam suntikan dan selang plastiknya
Untuk memenuhi ruang bakar saat piston di TMA butuh sekitar
50,9 mL CARBON SPEED.
Didapat dari perhitungan 2000cc mesin Mits. KUDA 2.0 MPI (4G63)
..dibagi
jumlah silinder ..dibagi rasio kompresi.
jadi kurang lebih ....1998 : 4 : 9,8 = 50,9...mL
PANASKAN MESIN 5 MENIT.... HINGGA SUHU MESIN IDEAL...
Dengan Kunci 10 dan Kunci 12, lepaskan klem saluran filter udara (Belalai),
selang pernapasan mesin ...
Lakukan dengan teliti dan simpan baut-baut dengan baik, jangan sampai jatuh ke dalam area mesin.
Kendorkan klem selang di Mass Air Flow... LAKUKAN DENGAN HATI-HATI DAN TELITI
Kendorkan klem di Throotle Body... LAKUKAN DENGAN HATI-HATI DAN TELITI
PERLAHAN Goyangkan belalai Selang Filter Udara... angkat perlahan dan hati-hati sobek
Sisihkan ke tempat yang aman, baut-baut amankan di wadah terpisah,
jangan sampai terjatuh ke dalam area mesin
Tutup Throotle Body dengan Lap bersih atau Tissue bersih.
AGAR KOTORAN TIDAK MASUK , LAKUKAN DENGAN TELITI...
DAN BIASAKAN KERJA BERSIH
Lepaskan kabel gas... Mur kiri sebagai SETELAN...jangan bergeser, ..Mur kanan yang di kendorkan
Lepaskan pula Kabel KickDown (bila mobil matic)
Mur kiri sebagai SETELAN jangan bergeser, ...mur kanan saja yang di kendorkan
Lepaskan satu persatu kabel busi.. beri tanda 1 untuk busi 1
tanda 2 untuk busi 2... dan seterusnya...
JANGAN SAMPAI TERTUKAR.
KERJA TELITI DAN BERSIH...
Note : Tarik kabel busi di KEPALA KABELNYA.... JANGAN TARIK DI KABEL...
Lepaskan ke 4 busi, tandai busi 1 , busi 2 , busi 3 , busi 4 sebaiknya tidak tertukar
Bila kondisi busi sudah jelek, ada baiknya sekalian di ganti keempat nya...
Penampakan ke empat busi di mobil Newbie... Tampak pembakaran sempurna di 4 kepala busi
Setelah lepas busi, .. Newbie ngintip.. dan foto.. wowww ...keraknya sudah tebal
pantas agak ngelitik, dan tenaga menurun...
Ambil kunci ring 19, putar baut krukas... cari TOP kompresi Cylinder 1
Perhatikan tanda panah, coba pas kan di angka 0.. tanda TOP 1
Gunakan senter agar jelas tanda strip SEGARIS dengan angka 0
Jrengg.. kini saatnya eksekusi ... Suntikan CARBONSPEED ke Cylinder 1....
Tunggu kira-kira 15 menit, agar cairan CARBONSPEED bereaksi
terhadap kerak karbon di kepala dan kubah piston
Setelah kira-kira 15menit, Sedot kembali cairan yang tadi di masukkan....
lalu buang di wadah yang tadi disediakan...
Wahhh .. kelihatan banyak sekali endapan Deposit karbon HITAM PEKAT dan butiran kerak
yang terlepas dari kepala piston.. LAKUKAN BERULANG-ULANG
sampai cairan dan endapan benar-benar terangkat
Coba perhatikan cairan CARBONSPEED hitam dan banyak sekali endapan keraknya
sudah larut bersama cairan... hati- hati terkena cat mobil ,
segera bersihkan bila ada noda yang mengenai cat mobil
endapan di foto tampak kasar, ini hanya sebagian kecilll saja....
Tadahkan semua di wadah yang sudah dipersiapkan,
bila cairan tercecer... sebaiknya di bersihkan langsung
Setelah piston no.1 selesai, putar lagi puli kruk as 360 derajat,
kemudian lakukan langkah penyuntikan dan sedot lagi pada piston no.4.
setelah piston no.4
selesai, putar puli kruk as 180 derajat,
penyuntikan dan sedot lagi pada piston
no.2.
terakhir putar puli kruk as 360 derajat,
lakukan lagi penyuntikan dan sedot lagi
pada piston no.3.
Jadi intinya ... lakukan penyuntikan pada saat TOP KOMPRESI,
yaitu saat klep buka dan klep tutup RAPAT, agar cairan optimal beraksi di ruang bakar
Selesai untuk ke empat cylinder... coba bersihkan sisa-sisa noda yang tercecer..
jangan sampai mengotori mesin...
coba perhatikan ... seluruh endapan sisa CARBONSPEED ... Luar biasa kotornya
Cairan sisa tersebut bisa untuk membersihkan ujung kepala busi,
celupkan kepala busi.. beberapa saat
lalu sikat dengan sikat kawat
Lakukan pada ke empat busi sampai benar-benar bersih,
periksa kerenggangan elektroda busi.. atur dengan Filler Gauge ukuran celah busi.
Endapan deposit karbon tampak setelah sebagian cairan di buang....
Ini tampak di foto sebagian kecil saja.
Pasang kembali ke empat busi, lakukan torsi pengencangan busi secukupnya..
Pasang kembali belalai filter udara... lakukan dengan rapi,
kembalikan kondisi mesin seperti awalnya.
Selesai sudah ,,, ngopi sejenak... sambil merapikan perkakas yang tadi dipakai...
Lalu hidupkan mesin..... AGAK SULIT... perlu beberapa kali starter.. baru hidup..
Ternyata setelah hidup memang TIDAK ADA ASAP TEBAL... TIPIS SAJA....
coba hidupkan stationer selama 10 menit... lalu gas di 2000 rpm hingga 2500 rpm... berulang-ulang
tujuannya agar sisa kerak bisa terdorong ke luar lewat knalpot
GANTI OLI BERIKUT FILTER OLInya ,,,
tujuannya agar oli yang tercemar oleh cairan kimia CARBONSPEED tidak merusak mesin.
Sebagai langkah akhir untuk membersihkan ruang bakar,
gunakan Fuel Treatment atau FUEL SYSTEM CLEANER
merknya bebas dan beragam... Kebetulan newbie pakai merk CYCLO...
isi bensin sampai penuh gunakan sebotol ..
Selesai sudah, tinggal di pakai sampai bensin seperempat
agar optimal kebersihan ruang bakar... baru ngisi lagi.
agar optimal kebersihan ruang bakar... baru ngisi lagi.
Review terakhir...
SUARA MESIN SANGAT HALUS DAN BERTENAGA, TANPA NGELITIK SEDIKITPUN
BAHKAN MESIN SEMAKIN RESPONSIF...
semoga berpengaruh pula pada keiritan BBM .. benar-benar sangat terasa bedanya
SEKIAN LAPORAN NEWBIE ... SEMOGA BERMANFAAT
YANG BARU TAHU... MAKIN TAMBAH ILMU
YANG CERDAS MAKIN TAMBAH PINTAR
Terima kasih tip ngoprek nya. Detail skl penyajiannya 👍
BalasHapusAda rekomend tempat bwt eksukusinya ga om daerah jaktim...makasih
BalasHapusmantap gan..kebetulan ane punya galant VR MPI kode mesin sama ky kuda ente..kapan2 ane coba
BalasHapus